LMS 1.2

 

1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak- Diskusi Mandiri

Durasi : 2 JP

Moda :  Diskusi Mandiri (2 JP)

 TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak

 Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak dalam sesi Pembelajaran 3 Ruang Kolaborasi! 

Setelah kita mempelajari paparan materi dan melihat hasil pemahaman rekan CGP lain terkait Peran dan Nilai Guru Penggerak, sekarang mari kita memperkaya pemahaman kita dengan cara berkolaborasi dengan rekan CGP lain. Anda akan bekerja ke dalam kelompok kecil.  Tugas kelompok dalam pertemuan tatap maya ini adalah untuk mendiskusikan dan menghasilkan kesimpulan dalam bentuk powerpoint atau poster, berdasarkan pertanyaan:

  1. Berdasarkan pengalaman Anda, Apa saja hal yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan  peran dan nilai guru Penggerak?
  2. Apa yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta nilai tersebut?

Tahapan diskusi : 

  1. didalam grup kecil silakan berdiskusi sedemikian rupa sehingga setiap anggota kelompok mengungkapkan pendapat atas pertanyaan yang diberikan. 
  2. berdasarkan diskusi di grup buatlah kesimpulan dalam bentuk powerpoint atau poster sesuai yang disepakati.

  3. pada sesi pertemuan tatap maya , Anda bersama kelompok mempresentasikan hasil kolaborasi Anda di depan kelompok lain dan fasilitator. 
  4. Karya yang Anda buat akan dinilai berdasarkan rubrik

 1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Durasi :  2 JP 
Moda: Mandiri

 TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

 Tanpa terasa, Bapak/Ibu telah memasuki sesi pembelajaran PEMBELAJARAN 5 Demonstrasi Kontekstual!

Sebagaimana judul unitnya, maka setelah Anda berproses merefleksikan diri Anda pada bagian pembelajaran sebelumnya, kini Anda diminta untuk berbagi dengan menyajikannya dalam bentuk sebuah karya. 

Bayangkan diri Anda, setelah mengikuti proses pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Pada saat tersebut, Anda tentunya sudah selesai mengikuti program pendidikan ini. Mari kita ciptakan visi kita di masa depan. Anda akan diminta untuk membuat sebuah karya 2 dimensi diri Anda sebagai Guru Penggerak setelah selesai mengikuti pendidikan Guru Penggerak. Pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam menyusun ilustrasi ini adalah: 

  1. Guru Penggerak seperti apakah saya?
  2.  Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan?
  3. Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?

Karya dapat disajikan dalam bentuk gambar ilustrasi tangan/digital. Poin penting dalam penugasan ini adalah kejelasan profil diri Anda, sehingga tidak masalah jika ilustrasi Anda tidak sempurna. Anda dapat menambahkan teks untuk memperjelas ilustrasi tersebut. Hasil Ilustrasi ini dapat dikumpulkan sesuai tenggat waktu 2 hari setelah instruksi penugasan Demonstrasi Kontekstual. 

1.2.a.8. Elaborasi Pemahaman - kumpulan pertanyaan

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Dalam Pembelajaran 6 ini, kita akan mengelaborasi pemahaman kita mengenai nilai dan Peran Guru Penggerak. Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, Anda diminta untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi nilai dan Peran Guru Penggerak yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini. 

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Durasi : 1 JP

Moda : Mandiri

TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara



Penugasan Mandiri
“Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan.” 
~ Benjamin Franklin



Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini DAN materi lain yang relevan di luar modul ini demi menjadi seorang Guru yang memahami serta menjalankan  nilai dan peran Guru Penggerak.

Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada penugasan yang perlu Anda lakukan. Tugas tersebut adalah:

  • Buatlah sebuah kesimpulan mengenai nilai dan peran Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari di modul 1.2 dengan modul 1.1 yang sudah Anda pelajari sebelumnya
  • Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya.
  • Unggahlah kesimpulan Anda ke dalam LMS

Beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan tugas kesimpulan ini adalah:

  1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
  2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
  3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 
  4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

Anda juga dapat memberikan komentar/apresiasi terhadap hasil kerja CGP lain di bagian ini. Pastikan Anda mengumpulkan tugas Anda terlebih dahulu sebelum memberikan tanggapan kepada hasil CGP lain.


1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

Durasi: 1 JP
Moda: Mandiri 

TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

  1. CGP mampu menerapkan strategi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak
  2. CGP terbiasa untuk merefleksikan hasil pembelajaran yang didapat selama rangkaian modul 1.2   

“Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia.”

Ki Hajar Dewantara


Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA, Aksi Nyata merupakan ruang bagi Bapak/Ibu CGP menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Bagian ini diharapkan dapat menjadi proses pengembangan konsep yang sudah Anda dapatkan dengan implementasinya ke depan. Pada modul ini, Anda diminta untuk melakukan aksi yang dapat menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri Anda. Anda dapat menerapkan strategi yang sudah Anda tuliskan juga pada kesimpulan pada bagian Koneksi Antarmateri.  

Untuk mendukung pengembangan diri Anda terkait nilai dan peran Guru Penggerak, sepanjang proses penerapan ini Anda dapat melakukan refleksi, salah satunya dengan menulis jurnal refleksi pada halaman yang telah disediakan. Jurnal refleksi yang ditulis secara rutin merupakan media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Dengan memiliki rekam jejak yang berkelanjutan seperti ini, Anda akan terdorong untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang Anda latih dan uji cobakan.

Apa saja yang dapat Anda sertakan dalam jurnal refleksi ini? 

  1. Perasaan selama melakukan aksi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak
  2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses 
  3. Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik 
  4. ‘Foto bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi Anda. 
  5. Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat dalam aksi yang Anda lakukan. 

Selain menjadi catatan pengembangan profesi Anda, jurnal refleksi ini nantinya juga dapat Anda gunakan sebagai referensi pembuatan Portofolio Aksi Nyata pada akhir Paket Modul 1. Anda juga dapat menggunakan jurnal ini sebagai panduan ketika berefleksi Bersama pengajar praktik dalam pendampingan individu.

Last modified: Thursday, 3 June 2021, 9:51 PM

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar