1.2.a.5.
Ruang Kolaborasi Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak- Diskusi Mandiri
Durasi : 2 JP
Moda : Diskusi Mandiri (2 JP)
CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan
pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru
Penggerak
Setelah kita mempelajari paparan materi dan melihat hasil pemahaman rekan CGP lain terkait Peran dan Nilai Guru Penggerak, sekarang mari kita memperkaya pemahaman kita dengan cara berkolaborasi dengan rekan CGP lain. Anda akan bekerja ke dalam kelompok kecil. Tugas kelompok dalam pertemuan tatap maya ini adalah untuk mendiskusikan dan menghasilkan kesimpulan dalam bentuk powerpoint atau poster, berdasarkan pertanyaan:
- Berdasarkan pengalaman Anda,
Apa saja hal yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan peran dan
nilai guru Penggerak?
- Apa yang bisa dilakukan oleh
seorang Guru Penggerak untuk menguatkan peran serta nilai tersebut?
Tahapan diskusi :
- didalam grup kecil silakan
berdiskusi sedemikian rupa sehingga setiap anggota kelompok mengungkapkan
pendapat atas pertanyaan yang diberikan.
- berdasarkan diskusi di grup
buatlah kesimpulan dalam bentuk powerpoint atau poster sesuai yang
disepakati.
- pada sesi pertemuan tatap maya
, Anda bersama kelompok mempresentasikan hasil kolaborasi Anda di depan
kelompok lain dan fasilitator.
- Karya yang Anda buat akan
dinilai berdasarkan rubrik
Durasi : 2 JP
Moda: Mandiri
CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa
depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak
Sebagaimana judul unitnya, maka setelah Anda berproses merefleksikan diri Anda pada bagian pembelajaran sebelumnya, kini Anda diminta untuk berbagi dengan menyajikannya dalam bentuk sebuah karya.
Bayangkan diri Anda,
setelah mengikuti proses pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Pada saat
tersebut, Anda tentunya sudah selesai mengikuti program pendidikan ini. Mari
kita ciptakan visi kita di masa depan. Anda akan diminta untuk membuat sebuah
karya 2 dimensi diri Anda sebagai Guru Penggerak setelah selesai mengikuti
pendidikan Guru Penggerak. Pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam menyusun
ilustrasi ini adalah:
- Guru Penggerak seperti apakah
saya?
- Nilai-nilai apa yang saya
kuasai di masa depan?
- Mengapa nilai-nilai tersebut
penting untuk saya?
Karya dapat disajikan dalam bentuk gambar ilustrasi tangan/digital. Poin penting dalam penugasan ini adalah kejelasan profil diri Anda, sehingga tidak masalah jika ilustrasi Anda tidak sempurna. Anda dapat menambahkan teks untuk memperjelas ilustrasi tersebut. Hasil Ilustrasi ini dapat dikumpulkan sesuai tenggat waktu 2 hari setelah instruksi penugasan Demonstrasi Kontekstual.
1.2.a.8. Elaborasi Pemahaman - kumpulan
pertanyaan
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Dalam Pembelajaran 6 ini, kita
akan mengelaborasi pemahaman kita mengenai nilai dan Peran Guru Penggerak.
Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, Anda diminta
untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi nilai dan Peran Guru
Penggerak yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini.
1.2.a.9.
Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Durasi : 1 JP
Moda : Mandiri
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan
materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul
1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Penugasan Mandiri
“Jika kita gagal merencanakan, berarti sama
saja kita sedang merencanakan kegagalan.”
~ Benjamin Franklin
Bapak/Ibu Calon Guru
Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase
ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk menyusun
rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri
sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik
dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini DAN materi lain yang
relevan di luar modul ini demi menjadi seorang Guru yang memahami serta
menjalankan nilai dan peran Guru Penggerak.
Untuk memudahkan
Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada penugasan yang
perlu Anda lakukan. Tugas tersebut adalah:
- Buatlah sebuah kesimpulan
mengenai nilai dan peran Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari di modul
1.2 dengan modul 1.1 yang sudah Anda pelajari sebelumnya
- Kesimpulan dan refleksi
disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan
dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat:
artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis,
artikel dalam blog, dan lainnya.
- Unggahlah kesimpulan Anda ke
dalam LMS
Beberapa pertanyaan
yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan tugas kesimpulan ini adalah:
- Apa yang Anda pahami mengenai
nilai dan peran Guru Penggerak?
- Apakah ada keterkaitan antara
nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara?
jelaskan!
- Ingat kembali refleksi diri
Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat
pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang
bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
- Siapa saja pihak yang dapat
membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual
tersebut? Seperti apa perannya?
Anda juga dapat memberikan komentar/apresiasi terhadap hasil kerja CGP lain di bagian ini. Pastikan Anda mengumpulkan tugas Anda terlebih dahulu sebelum memberikan tanggapan kepada hasil CGP lain.
1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru
Penggerak
Durasi: 1 JP
Moda: Mandiri
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
- CGP mampu
menerapkan strategi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak
- CGP
terbiasa untuk merefleksikan hasil pembelajaran yang didapat selama
rangkaian modul 1.2
“Aku hanya orang biasa
yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia.”
Ki Hajar
Dewantara
Sebagai tahapan terakhir dari
siklus pembelajaran MERRDEKA, Aksi Nyata merupakan ruang bagi Bapak/Ibu CGP
menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Bagian
ini diharapkan dapat menjadi proses pengembangan konsep yang sudah Anda
dapatkan dengan implementasinya ke depan. Pada modul ini, Anda diminta untuk
melakukan aksi yang dapat menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri
Anda. Anda dapat menerapkan strategi yang sudah Anda tuliskan juga pada
kesimpulan pada bagian Koneksi Antarmateri.
Untuk mendukung pengembangan diri
Anda terkait nilai dan peran Guru Penggerak, sepanjang proses penerapan ini
Anda dapat melakukan refleksi, salah satunya dengan menulis jurnal refleksi
pada halaman yang telah disediakan. Jurnal refleksi yang ditulis secara rutin
merupakan media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta
praktik baik yang telah dilakukan. Dengan memiliki rekam jejak yang
berkelanjutan seperti ini, Anda akan terdorong untuk terus belajar dan
meningkatkan kualitas pembelajaran yang Anda latih dan uji cobakan.
Apa saja yang dapat Anda sertakan
dalam jurnal refleksi ini?
- Perasaan
selama melakukan aksi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak
- Ide
atau gagasan yang timbul sepanjang proses
- Pembelajaran
dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik
- ‘Foto
bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan
refleksi) aksi Anda.
- Anda
juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat
dalam aksi yang Anda lakukan.
Selain menjadi catatan
pengembangan profesi Anda, jurnal refleksi ini nantinya juga dapat Anda gunakan
sebagai referensi pembuatan Portofolio Aksi Nyata pada akhir Paket Modul 1. Anda
juga dapat menggunakan jurnal ini sebagai panduan ketika berefleksi Bersama
pengajar praktik dalam pendampingan individu.
Last modified:
Thursday, 3 June 2021, 9:51 PM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar