PENDAHULUAN
Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai diri seorang guru terkait dengan pelestarian budaya positif. Dunia sudah semakin tanpa batas. Pertukaran budaya tanpa filter. Melalui modul ini CGP diajak untuk menelusuri diri sendiri sebagai manusia dan pendidik. Setelah mempelajari modul ini CGP diharapkan dapat menemukan jati diri sebagai guru penggerak.
Capaian belajar umum
Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:
mengartikulasikan nilai-nilai dari Guru Penggerak (GP) dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Memahami dan menunjukkan kesediaan untuk mempraktikkan peran dan nilai GP.
Capaian belajar khusus
Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:
Memahami bagaimana nilai diri bisa terbentuk dan merefleksikan pengaruhnya terhadap peran sebagai Guru Penggerak
CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak
Isi Materi
Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai diri dari seorang guru terkait dengan penumbuhan dan pelestarian budaya positif.
Alur Merdeka
M :
CGP mengisi kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan dapat mengungkapkan nilai-nilai diri mereka sendiri
E
1. Belajar mandiri: CGP mengakses materi Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru Penggerak dan Nilai Guru Penggerak
2. Forum diskusi tertulis: CGP menjawab pertanyaan di LMS lalu memberikan komentar mengenai hasil jawaban CGP lain.
R
1. CGP dalam kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi dalam bentuk powerpoint atau poster
2. CGP mempresentasikan hasil kesimpulan dan karya di pertemuan virtual (tatap maya) dengan fasilitator
R
Membuat ilustrasi mengenai gambaran diri di masa depan setelah berefleksi mengenai kondisi dirinya saat ini di bagian Refleksi Terbimbing
D
Membuat secara mandiri materi komunikasi nilai-nilai yang perlu ditumbuhkan berikut tindakan konkret yang perlu dilestarikan pada diri Guru Penggerak dalam salah satu bentuk berikut: teks puisi yang dibacakan atau syair lagu yang dinyanyikan.
E
1. Berdiskusi dengan instruktur terkait proses pembentukan nilai dan karakter berdasarkan trapesium usia, diagram gunung es, serta cara kerja otak.
2. Berdiskusi dengan instruktur mengenai proses bagaimana manusia tergerak, bergerak dan menggerakkan.
K
1. Menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan oleh diri CGP sendiri
2. Membuat kesimpulan sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini maupun materi modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
A
Melakukan rancangan perubahan kecil yang telah dibuat pada bagian Koneksi Antar Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar