1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak
Durasi : 0,5 JP
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus: CGP mampu merumuskan
visi pribadi mengenai murid dan bagaimana sekolah yang berpihak pada murid di
masa depan.
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!
Dalam Pembelajaran 1 ini kita akan menggali
pemahaman kita atas visi. Ingatkah Bapak/Ibu CGP, pada masa kecil, kita pernah
ditanya mengenai cita-cita. Pertanyaan yang sering diajukan adalah, “Mau jadi
apa jika sudah besar?”. Pada masa itu, sebagian besar dari kita dapat menjawab
dengan percaya diri. Kita menjawab dengan bersemangat tentang profesi yang
ingin kita geluti di masa depan. Padahal, kita belum tahu apakah hal itu dapat
dicapai atau tidak. Seperti itulah visi. Visi itu bagaikan membayangkan sebuah
lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan
sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya.
Visi adalah sesuatu yang belum terjadi saat ini, namun kita yakini akan
terwujud di masa depan.
Saat ini kita akan mencoba membayangkan
tanggung jawab kita sebagai seorang guru, terlebih dengan peran sebagai guru
penggerak. Kita memiliki peran untuk dapat mengembangkan diri dan orang lain,
memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan
sekolah. Peran ini memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang kita harap
dapat kita capai di masa depan nanti. Hal besar yang kita harapkan di masa
depan inilah yang kita sebut sebagai visi. Untuk membantu Bapak/Ibu memahaminya,
ada beberapa pertanyaan yang perlu kita ajukan pada diri sendiri mengenai visi
ini.
1. Apa arti penting visi bagi Anda sebagai seorang guru?
2. Visi seperti apa yang Anda miliki sebagai
guru?
Ketika membayangkan tentang visi kita sebagai
seorang guru, apakah ada di antara Bapak/Ibu yang melibatkan murid di dalam visi
tersebut? Mari kita mengingat lagi bahwa sebagai seorang guru, mendidik bukan
sekedar pekerjaan administrasi. Target pekerjaan kita bukan sebuah dokumen
kertas saja. Mendidik juga tidak hanya berbicara tentang waktu sekarang.
Sasaran pekerjaan kita adalah seorang manusia. Target pekerjaan kita adalah
pertumbuhan seorang manusia. Sedangkan, hasil pekerjaan kita baru akan terlihat
saat manusia ini berkarya di masa depan nanti. Oleh karena itu, memiliki visi
tentang pertumbuhan murid menjadi hal yang sangat penting bagi seorang guru.
Murid seperti apa yang Bapak/Ibu harapkan terwujud pada mereka di masa depan.
Visi mengenai murid inilah yang nantinya menjadi bintang penunjuk arah bagi
guru dalam menentukan strategi pengajaran.
Untuk membantu Anda dalam memaknai bagaimana
pentingnya visi tentang murid kita, mari kita membuat “lukisan”.
Lukisan ini bertemakan “Imajiku tentang Muridku di Masa Depan”. Buatlah
gambar mengenai murid seperti apa yang Bapak/Ibu dambakan. Gambarkan juga
lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid seperti apa yang Bapak/Ibu
cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai
dengan cita-cita Bapak/Ibu. Bebaskan diri untuk ‘melukis’ masa depan sekolah
menurut Anda.
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah membuat
“lukisan”? Lukisan mengenai mimpi tentang murid di masa depan ini mendatangkan
perasaan bahagia dalam diri sebagai guru. Lukisan yang Bapak/Ibu buat
sesungguhnya adalah visi yang menggambarkan seperti apa layanan dan lingkungan
pembelajaran di masa depan yang akan kita berikan pada murid kita. Ketika kita
menggambar visi, maka akan muncul keyakinan dalam diri untuk mewujudkannya.
Akhirnya, kita terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta
menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah sehingga terjadi upaya perbaikan
dan perubahan yang berkesinambungan.
Anda telah memiliki lukisan masa depan
mengenai murid Anda. Saat ini, mari merangkai mimpi tersebut dalam bentuk
kata-kata yang jelas sebagai sebuah visi. Kalimat rumpang dalam paragraf
berikut ini adalah panduan untuk menuliskan visi yang telah Anda gambar. Ini
akan membantu Anda dalam menyingkap visi apa yang sebetulnya telah dan perlu
terus diyakini demi kebaikan murid-murid. Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini
sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang
sekolah yang Anda impikan. Sebuah sekolah yang mewujudkan keberpihakan pada
murid!
- Saya memimpikan murid-murid
yang merdeka
- Sekolah saya percaya bahwa
murid adalah individu yang unik
- Sekolah saya mengutamakan kemerdekaan
siswa
- Murid di sekolah saya sadar
betul bahwa mereka belajar untuk bisa merdeka
- Guru di sekolah saya yakin
untuk berpihak pada siswa
- Guru di sekolah saya paham
bahwa guru ibaratnya petani
Setelah Anda mencoba mengisi kalimat rumpang
di atas, Anda semakin memiliki gambaran yang jelas mengenai mimpi tentang murid
dan sekolah di masa depan. Saat ini, rumuskanlah visi Anda dalam bentuk
kata-kata yang jelas. Visi ini cukup terdiri dari 1 kalimat pendek.
Selanjutnya, fotolah hasil karya (gambar) Anda yang telah dituliskan rumusan
visi dalam format JPG dan unggah melalui LMS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar