Pendahuluan Modul 1.3

 

1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3

Capaian Umum Modul 1.3

Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:

  1. mengembangkan visi yang lebih jelas mengenai murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila dan pentingnya memetakan kekuatan yang dimiliki CGP demi mewujudkan visi pendidik yang berpihak pada murid.
  2. memetakan dan mengimplementasikan strategi pengelolaan perubahan melalui kekuatan yang dimiliki dari dalam diri dan luar diri untuk mewujudkan visi pendidik yang berpihak pada murid.

1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3

Capaian Khusus Modul 1.3

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk dapat:

  1. merumuskan visinya mengenai lingkungan belajar yang berpihak pada murid.
  2. mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki CGP dalam mendukung penumbuhan potensi murid.
  3. membuat rencana manajemen perubahan (menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif) di tempat di mana mereka berkarya.
  4. menjalankan rencana manajemen perubahan (menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif) di tempat di mana mereka berkarya.

1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3

Ringkasan Alur Belajar MERRDEKA

Mulai dari diri

o    CGP menyampaikan pendapatnya mengapa guru perlu memiliki visi.

o    CGP diajak untuk berkreasi merumuskan visi pribadi mengenai murid yang mereka impikan.

Eksplorasi konsep

Mandiri:

o    CGP menyimak bacaan “Visi: Mengelola Perubahan yang Positif” kemudian mengkorelasikan visi yang telah mereka susun di pembelajaran sebelumnya dengan paradigma inkuiri apresiatif dalam penumbuhan murid di sekolah.

o    CGP menyimak video model inkuiri apresiatif BAGJA (5D).

o    CGP melakukan refleksi mengenai pengalaman nyata mewujudkan mimpi pribadi berdasarkan kekuatan.

Forum Diskusi

o    Berbagi tanggapan tentang visi sekolah impian pada pembelajaran sebelumnya dan paradigma inkuiri apresiatif dalam menumbuhkan murid.

o    Berbagi kesimpulan mengenai materi inkuiri apresiatif.

Ruang kolaborasi

o    Berkolaborasi membuat format untuk pemetaan kekuatan dan potensi dari dalam diri dan luar diri di lingkungan sekolah.

o    Mengisi format pemetaan kekuatan serta kontribusi kekuatan tersebut bagi penumbuhan murid di sekolah.

Refleksi Terbimbing

o    Melakukan refleksi mengenai ciri murid yang diimpikan dan cara pencapaian visi mengenai murid berdasarkan pendekatan inkuiri apresiatif.

o    Melakukan refleksi individu 4P (peristiwa, perasaan, pembelajaran, perubahan) mengenai proses pembelajaran yang telah dilalui dan mendiskusikannya bersama dengan fasilitator.

Demonstrasi kontekstual

o    Berlatih membuat prakarsa perubahan menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif pada kasus yang ditentukan: “Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid”.

o    Berlatih melakukan umpan balik secara terstruktur terhadap pekerjaan rekan CGP lain dalam membuat prakarsa perubahan pada kasus yang diberikan.

Elaborasi Pemahaman

o    Melakukan refleksi secara mandiri dalam menghubungkan maksud Profil Pelajar Pancasila pada anak dengan penumbuhan murid dan paradigma inkuiri apresiatif.

o    CGP mendiskusikan pemahaman yang dimiliki mengenai kodrat anak, penumbuhan murid melalui visi pribadi, serta paradigm inkuiri apresiatif bersama rekan CGP lain dan Instruktur.

Koneksi antarmateri

o    Menentukan 5 langkah perubahan yang akan CGP lakukan berdasarkan materi pembelajaran yang telah diterima dan dipahami.

o    Membuat rencana manajemen perubahan sederhana berdasarkan visi pribadi yang telah dicanangkan untuk menumbuhkan murid dengan menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.

Aksi nyata

o    Eksekusi rencana manajemen perubahan dengan menerapkan paradigma inkuiri apresiatif dan membuat dokumentasi pribadi untuk proses pendampingan individu oleh Pengajar Praktik.

1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3

Glosarium



Tidak ada komentar:

Posting Komentar