1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3
Capaian Umum Modul 1.3
Secara umum, profil kompetensi yang ingin
dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:
- mengembangkan
visi yang lebih jelas mengenai murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila
dan pentingnya memetakan kekuatan yang dimiliki CGP demi mewujudkan visi
pendidik yang berpihak pada murid.
- memetakan
dan mengimplementasikan strategi pengelolaan perubahan melalui kekuatan
yang dimiliki dari dalam diri dan luar diri untuk mewujudkan visi pendidik
yang berpihak pada murid.
1.3.a.1.
Pendahuluan Modul 1.3
Capaian Khusus
Modul 1.3
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat
membantu Calon Guru Penggerak untuk dapat:
- merumuskan visinya mengenai
lingkungan belajar yang berpihak pada murid.
- mengidentifikasi kekuatan yang
dimiliki CGP dalam mendukung penumbuhan potensi murid.
- membuat rencana manajemen
perubahan (menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif) di tempat
di mana mereka berkarya.
- menjalankan rencana manajemen
perubahan (menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif) di tempat
di mana mereka berkarya.
1.3.a.1. Pendahuluan Modul 1.3
Ringkasan Alur Belajar MERRDEKA
Mulai dari diri
o CGP menyampaikan pendapatnya mengapa guru
perlu memiliki visi.
o CGP diajak untuk berkreasi merumuskan visi
pribadi mengenai murid yang mereka impikan.
Eksplorasi konsep
Mandiri:
o CGP menyimak bacaan “Visi: Mengelola Perubahan
yang Positif” kemudian mengkorelasikan visi yang telah mereka susun di
pembelajaran sebelumnya dengan paradigma inkuiri apresiatif dalam penumbuhan
murid di sekolah.
o CGP menyimak video model inkuiri apresiatif
BAGJA (5D).
o CGP melakukan refleksi mengenai pengalaman nyata mewujudkan mimpi pribadi berdasarkan kekuatan.
Forum Diskusi
o Berbagi tanggapan tentang visi sekolah impian
pada pembelajaran sebelumnya dan paradigma inkuiri apresiatif dalam menumbuhkan
murid.
o Berbagi kesimpulan mengenai materi inkuiri
apresiatif.
Ruang kolaborasi
o Berkolaborasi membuat format untuk pemetaan
kekuatan dan potensi dari dalam diri dan luar diri di lingkungan sekolah.
o Mengisi format pemetaan kekuatan serta
kontribusi kekuatan tersebut bagi penumbuhan murid di sekolah.
Refleksi Terbimbing
o Melakukan refleksi mengenai ciri murid yang
diimpikan dan cara pencapaian visi mengenai murid berdasarkan pendekatan
inkuiri apresiatif.
o Melakukan refleksi individu 4P (peristiwa,
perasaan, pembelajaran, perubahan) mengenai proses pembelajaran yang telah
dilalui dan mendiskusikannya bersama dengan fasilitator.
Demonstrasi kontekstual
o Berlatih membuat prakarsa perubahan
menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif pada kasus yang ditentukan: “Strategi
Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid”.
o Berlatih melakukan umpan balik secara
terstruktur terhadap pekerjaan rekan CGP lain dalam membuat prakarsa perubahan
pada kasus yang diberikan.
Elaborasi Pemahaman
o Melakukan refleksi secara mandiri dalam
menghubungkan maksud Profil Pelajar Pancasila pada anak dengan penumbuhan murid
dan paradigma inkuiri apresiatif.
o CGP mendiskusikan pemahaman yang dimiliki mengenai
kodrat anak, penumbuhan murid melalui visi pribadi, serta paradigm inkuiri
apresiatif bersama rekan CGP lain dan Instruktur.
Koneksi antarmateri
o Menentukan 5 langkah perubahan yang akan CGP
lakukan berdasarkan materi pembelajaran yang telah diterima dan dipahami.
o Membuat rencana manajemen perubahan sederhana
berdasarkan visi pribadi yang telah dicanangkan untuk menumbuhkan murid dengan
menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
Aksi nyata
o Eksekusi rencana manajemen perubahan dengan
menerapkan paradigma inkuiri apresiatif dan membuat dokumentasi pribadi untuk
proses pendampingan individu oleh Pengajar Praktik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar