Mulai Diri Modul 2.1

 

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1

Durasi: 1 JP
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi pengetahuan awal mereka tentang konsep Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pertanyaan pemantik pada kegiatan ini adalah:

  1. Apa yang telah saya ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?
  2. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Sesi Pembelajaran yang Pertama!  

Dalam sesi ini, Anda akan mengaktivasi pengetahuan yang telah Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin Anda ketahui lebih lanjut.

Pada kegiatan ini, Bapak/Ibu akan kami minta untuk:

  • menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.
  • menonton sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut. 
  • menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Jangan khawatir apabila Anda merasa belum banyak mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat diagnostik dan bukan dimaksudkan untuk membuat penilaian akhir terhadap Anda.

Penting sekali untuk menyelesaikan tugas ini tepat waktu agar instruktur atau fasilitator pelatihan ini dapat menyesuaikan konten ajar mereka dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selamat berefleksi, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!

Berikut adalah pertanyaan yang ada di LMS

1. Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!

Pengalaman saya yang paling berkesan saat mengajar di kelas adalah saat siswa menunjukkan potensi diri yang sebenarnya saat saya fasilitasi dengan tagihan tugas yang beragam.  Saat pembelajaran listrik statis, saya berikan kesempatan yang sebesar-besarnya pada siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi listrik statis dengan berbagai cara. Saya persilahkan mereka untuk mendokumentasikannya dalam bentuk video. Hasilnya sangat beragam. Ada yang membuat podcast, tik tok, gambar yang bercerita, drama, percobaan sederhana yang terkait dengan materi, ada juga yang mengilustrasikan sifat muatan listrik dengan bentuk "tamyang" yang merupakan salah satu sarana persembahan Umat Hindu di Bali. Ada juga yang menampilkan video dirinya mengajar layaknya seorang guru. Saya sangat terkesan sekali dengan beragam karya mereka. Kreatif dan variatif. 

2. Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Pembelajaran  adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Sedangkan berdiferensiasi artinya beragam, berbeda, bervariasi, atau setidaknya tidak sama. Jadi pembelajaran berdiferensiasi adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik melalui penerapan model dan metode pembelajaran yang beragam, sumber belajar yang variatif, serta model penilaian yang tidak monoton. 

3. Setelah menyaksikan video di atas, menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid). 


Pembelajaran hendaknya dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi secara fleksibel dengan memperhatikan potensi siswa. Guru tidak dapat memaksakan semua siswa agar memiliki kemampuan yang sama. Setiap siswa itu unik. Seperti kata Albert Einstein. "Semua orang jenius. Tetapi jika Anda menilai seekor ikan dengan kemampuannya memanjat pohon, ia akan hidup seumur hidup dengan percaya bahwa itu bodoh." Ketika anak tidak menunjukkan kemampuan mengagumkan dalam pelajaran atau kemampuan tertentu, bisa jadi dia memiliki kecerdasan yang lebih tinggi di aspek lain. Hal inilah yang mesti distimulasi oleh guru dalam proses pembelajarannya. Misalnya, memfasilitasi siswa dengan beragam sumber belajar, menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, serta penilaian yang tidak membuat siswa stress atau ketakutan. 


4. Apa yang ingin anda ketahui tentang pembelajaran diferensiasi?
    Saya ingin mengetahui bagaimana menerapkan pembelajaran berdiferensiasi? Apa saja kendala yang mungkin dihadapi dalam menerapkan pembelajaran tersebut dan bagaimana mengatasinya?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar