2.2.a.2. Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Surat dari Instruktur
Bapak/Ibu CGP yang kami banggakan,
Selamat datang dalam pembelajaran sosial dan emosional. Pembelajaran sosial dan emosional ini diawali dengan kesadaran penuh bahwa tidaklah cukup apabila murid hanya mengembangkan kemampuan kognitifnya saja. Murid juga perlu mengembangkan aspek sosial dan emosionalnya. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial-emosional berperan penting dalam keberhasilan akademik maupun kehidupan seseorang. Sebagai pendidik yang berinteraksi dengan murid dan orang dewasa di lingkungan sekolah, Anda tentu sepakat dengan pernyataan tersebut.
Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hajar Dewantara dalam bukunya “Bagian Pertama : Pendidikan (2011) mengatakan bahwa pendidikan merupakan daya dan upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelektual) dan tubuh anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup, yaitu kehidupan anak yang sesuai dengan dunianya.
Selaras dengan pemikiran Bapak Ki Hajar Dewantara, Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh adalah upaya untuk menciptakan ekosistem sekolah yang mendorong bertumbuhnya budi pekerti, selain aspek intelektual. Lewat Pembelajaran Sosial dan Emosional, murid diajak untuk menyadari, melihat, mendengarkan, merasakan, mengalami berbagai pengalaman belajar yang dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.
Agar guru dapat mengembangkan kompetensi sosial dan emosional murid secara optimal melalui suasana belajar dan proses pembelajaran yang sistematik, menyeluruh, dan seimbang, guru perlu menyadari, mengelola, dan menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dalam dirinya. Melalui fase MERRDEKA, kami mengajak Anda untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang dilandasi kasih sayang, perhatian yang berkualitas, keterbukaan, rasa ingin tahu, sikap apresiatif dan semangat bertumbuh, yang dilakukan secara mandiri maupun bergotong-royong. Kami berharap Anda juga bersedia untuk berbagi pengalaman sehingga pembelajaran Bapak/Ibu semakin kaya, bermakna dan bermanfaat bagi murid. Harapan kami, modul pembelajaran sosial dan emosional ini dapat membantu Anda untuk melaksanakan proses pembelajaran secara yang lebih sistematik, menyeluruh dan seimbang, baik di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas sekolah.
Selamat belajar, berbagi, dan bertumbuh!
Salam hangat,
2.2.a.2. Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Capaian Pembelajaran Umum
Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Guru Penggerak mampu:
- Mengelola aspek sosial dan emosional dalam berperan sebagai guru
- Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dalam lingkup kelas, lingkungan sekolah, dan komunitas
2.2.a.2. Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Capaian Pembelajaran Khusus
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:
- Memahami pembelajaran sosial dan emosional yang berdasarkan kerangka CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning )
- Memahami tentang pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness)
- Memahami strategi untuk menerapkan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh sesuai dengan konteks masing-masing guru
- Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness) dalam kegiatan di kelas, lingkungan sekolah, dan komunitas praktisi
2.2.a.2. Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Isi Materi Modul
Modul ini berisikan materi tentang:
- Penjelasan tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) sesuai kerangka CASEL
- Penjelasan tentang kesadaran penuh (mindfulness)
- Penjelasan tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness)
- Penjelasan penerapan 5 kompetensi sosial dan emosional (KSE) berbasis kesadaran penuh (mindfulness) dalam kegiatan pembelajaran di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas praktisi.
2.2.a.2. Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Alur Merdeka Belajar
- Mengaitkan aspek sosial dan emosional dalam keseharian CGP sebagai pendidik
- Harapan & ekspektasi.
Belajar Mandiri:
- Mendapatkan penjelasan tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional menurut kerangka CASEL (kolaborasi untuk akademik dan pembelajaran sosial dan emosional)
- Mendapatkan penjelasan tentang pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness).
Forum Diskusi:
mendiskusikan penerapan 5 kompetensi sosial - emosional (kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan relasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) yang berbasis kesadaran penuh.
Ruang Kolaborasi
Menguraikan penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan jenjang pendidikan masing -masing.
Refleksi Terbimbing
- Refleksi tentang proses penerapan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah dilakukan (apa yang menarik, apa yang berubah, apa yang menantang, apa yang ingin ditingkatkan/diterapkan)
- Menggunakan hasil refleksi dalam pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness) dalam proses selanjutnya.
- Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dalam mata pelajaran yang diampu
- Melakukan refleksi tentang apa yang telah dicapai dan apa yang masih ingin dipelajari lebih lanjut sebagai persiapan aksi nyata
- Membuat kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah didapatkan dari proses pembelajaran sosial dan emosional
- Membuat koneksi materi pembelajaran sosial dan emosional dengan pembelajaran berdiferensiasi dalam kerangka memenuhi pembelajaran yang berpihak pada murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar