Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus: Peserta menuangkan
pemahamannya atas pemikiran KHD dalam konteks perannya sebagai guru dan interaksinya
dengan siswa dan warga sekolah.
Bapak dan Ibu Calon
Guru Penggerak (CGP)
Anda akan
membuat sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi,
poster, infografis dll) sebagai bentuk konkret pemahaman Anda terhadap
pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Karya Anda menjadi sebuah
demonstrasi pemahaman Anda tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara sesuai dengan
konteks kelas dan sekolah asal Anda.
Sebagai gambaran, metafora atau perlambang
dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang
rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem
tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbiti matahari
(simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet
berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti
bergerak (Syahril, 2018). Selain metafora, cara lain untuk
mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni.
Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi
pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun
tentu akan menyenangkan.
Instruksi Penugasan:
- Buatlah satu karya teks
atau verbal atau visual (video
pendek/komik/lagu/puisi/poster/infografis) untuk menggambarkan pengetahuan
dan pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD dalam
konteks Anda sebagai guru, interaksi dengan murid dan warga
sekolah.
- Karya itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran KHD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar