Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) di paket modul 3, subbagian 3.3. Modul ini membahas tentang program/kegiatan sekolah yang berorientasi dan berpihak pada murid sehingga dapat memberikan makna sebagai bentuk dampak yang dirasakan oleh murid nanti.
Untuk dapat mengeksplorasi program/kegiatan sekolah yang berpihak pada murid, modul ini mengajak Bapak dan Ibu untuk dapat mengidentifikasikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam program/kegiatan sekolah. Suara, pilihan, dan kepemilikan murid perlu diupayakan oleh sekolah sebagai sebuah komunitas. Apa yang harus disiapkan oleh sekolah untuk menciptakan suara, pilihan, dan rasa kepemilikan murid? Bagaimana kita dapat menciptakan sekolah sebagai lingkungan belajar yang memberikan ruang seluas-luasnya kepada murid untuk dapat menciptakan suara, pilihan, dan kepemilikan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, modul ini juga memberikan penjelasan bagaimana peran komunitas menyiapkan lingkungan yang dapat mendukung terciptanya suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
Semoga proses pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman baru dan membuka cakrawala berpikir yang lebih luas lagi, dan lebih mengedepankan perencanaan kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Tetap Semangat dalam berkreasi dan berinovasi merancang kegiatan yang berpihak pada murid!
Salam,
Capaian Umum Modul 3.3
Profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
- menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.
- mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.
- menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.
Capaian Khusus Modul 3.3:
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:
- menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
- menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
- menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
- mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
- menerapkan satu program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dan mempertimbangkan keterkaitannya dengan apa yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar